Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keren! PDU Desa Sumbermulya Disulap Jadi Penghasil Cofiring Biomass Pengganti Bahan Bakar Batu Bara.





Reportasebarak.com,Indramayu- Dalam rangka mendukung Zero Emission (NZE) 2060. PT PLN  Persero berkolaborasi dengan ITPLN dalam mengembangkan dan mengelola biomass berbasis pemanfaatan sumber daya warga  Desa Sumbermulya Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu



Hadir pada acara tersebut. Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edi Umaedi.SP, Warek IV ITPLN Dr.Ir.Pawenary, Kepala PT PLN Persero  UP3 Indramayu Yusrizal, Senior Manager Unit PLN Nusantara Power PLTU Indramayu Munif, Camat Haurgeulis dan para stap, Danramil 1615/ Haurgeulis,Kapolsek Haurgeulis,Kepala PT PLN Perseri ULP Haurgeulis Agus Suguanto, Kuwu Sekecamatan Haurgeulis dan para undangan. 



Dikemas dalam acara, Opening ceremony program pengelolahan sampah untuk bahan baku cofiring biomass berharap menjadi potensi serta menciptakan lapangan tenaga kerja.



Wakil IV Rektor ITPLN Dr. Ir. Pawenary, M. T., MPM., IPU., ASEAN Eng menyampaikan, Kegiatan Program pengolahan sampan untuk bahan baku cofiring Biomass adalah bentuk kepedulian PT PLN Persero dalam membatu pemerintah dalam menanggulangi sampah. 



"Sampah yang diolah dengan metode peunyeumisasi menjadi sampah cacah (RDF) yang dapat di manfaatkan sebagai bahan bakar untuk subtitusi baru bara (pembangkit listrik) maupun industri seperti Unit PLN Nusantara Power (PLTU) Indramayu. Nah dari hasil penjualan RDF tentunya dapat menjadi pemasukan kelompok Swadaya Masyarakat," kata Pawenary. 




Menurutnya, Program pengolahan sampah untuk bahan baku cofiring Biomass sangatlah berpotensi bagi Desa Sumbermulya. 




"Alhamdulillah, penandatanganan perjanjian kerjasama Pada acara opening ceremony program pengolahan sampah menjadi RDF. Dan, pada hari ini kita ITPLN dengan Pusat Daur Ulang dan Bank Sampah (PDU dan BSI) yang di kelola Kelompok Swadaya Masyarakat KSM Rapih Mulya Mandiri berjalan dengan lancar, " kata dia. 




Usai acara, Senior Manager Unit PLN Nusantara Power PLTU Indramayu Munif mengucapkan selamat kepada pemerintah kabupaten indramayu atas diresmikannya tempat pengolahan sampah untuk bahan baku cofiring Biomass dalam mendukung Zero Emission (NZE) 2060 serta mendapatkan solusi dalam penanganan sampah yang diolah menjadi bahan baku pengganti Batu bara.




"Tentunya kami selaku offtaker pengguna RDF hasil olahan Pusat Daur Ulang dan Bank Sampah yang di kelola KSM ini dapat terjalin baik," tandasnya.




Sementara itu, Kuwu Desa Sumbermulya Taryono SE mengucapkan terimakasih kepada Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina yang telah menjalin kerjasama antara PT PLN, ITPLN Dan PLN Nusantara Power PLTU selaku offtaker Pengguna RDF hasil olahan KSM Rapih Mulya Mandiri.




"Tentunya kami sangat Bersyukur. Karena dengan adanya hal ini, pemerintah Desa Sumbermulya dapat menciptakan lapangan tenaga kerja,"pungkasnya.




Diakhir Acara kegiatan peresmian yang ditandai Gunting Pita oleh plt.kepala Dinas Lingkungan Hidup Edi Umaedi.SP, Kepala PT PLN Persero UP3 Indramayu Yusrizal dan wakil rektor IV Ir.Dr Pawenary didampingi perangkat kecamatan Dan Desa.(Nari)

Posting Komentar untuk "Keren! PDU Desa Sumbermulya Disulap Jadi Penghasil Cofiring Biomass Pengganti Bahan Bakar Batu Bara."